Radar Utama

Darwan Minta Jangan Saling Klaim

Hasil Penghitungan PPK SURYA Unggul di Seruyan Hilir
Widodo | Selasa, 09 April 2013 - 14:19:43 WIB

KUALA PEMBUANG, Saling klaim kemenangan dalam pemilu kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Seruyan, menjadi perhatian Bupati Seruyan, H Darwan Ali. Dia meminta kedua belah pihak tidak lagi saling klaim dan lebih memilih bersabar menunggu tuntasnya penghitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Darwan mengaku prihatin jika saling klaim kemenangan ini berlanjut padahal KPU belum mengeluarkan hasil resmi penghitungan suara. Saling klaim kemenangan tersebut dikhawatirkan bisa memicu konflik sehingga mengganggu situasi daerah Seruyan yang selama ini kondusif.

“Kami minta semua pihak bersabar. Sebab setelah pemungutan suara, tahapan pemilukada masih panjang,” ujar Darwan, Sabtu (6/4) lalu.

Saat itu Darwan didampingi dua Wakil Ketua DPRD Seruyan, H Baharudin dan Anwar, Kapolres Seruyan AKBP Dally Achmad Mutiara SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Kuala Pembuang M Arief Basuki SH MH, Perwira Penghubung Kodim 1015/Sampit di Kuala Pembuang A Nasuition, Ketua KPU Seruyan Sudarmono SH dan Ketua Panwaslu Seruyan Atep Budiman. Selain itu, juga Asisten I Setda Seruyan Drs Sarwadi dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Seruyan Harta Sima.

Dijelaskannya, setelah dilakukan pencoblosan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 4 April 2013 lalu, masih akan dilakukan lagi proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat desa/kelurahan atau panitia pemungutan suara (PPS), di tingkat kecamatan atau panitia pemilihan kecamatan (PPK), hingga di KPU.

Bahkan, tegasnya, setelah KPU mengumumkan pemenang Pemilukada atau pasangan cabup-cawabup yang terpilih, juga masih ada kesempatan bagi pasangan cabup lainnya untuk menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Karena itu, Darwan mengharapkan pasangan cabup-cawabup dan para pendukungnya supaya bersabar. Dia pun mengimbau agar walaupun nanti sudah ada ketetapan dari KPU, tapi masih belum ada keputusan MK, maka hendaknya jangan dulu mengklaim pasangan cabup ini yang menang dan yang ini kalah. Hal tersebut untuk menghindari timbulnya gejolak sosial di tengah masyarakat. “Kita ingin Seruyan menjadi barometer pelaksanaan pemilukada yang aman,” ucap Darwan

Sementara itu Ketua KPU Seruyan Sudarmono mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten serta penetapan pasangan calon terpilih kepala daerah dan wakil kepala daerah Seruyan tahun 2013 dijadwalkan pada 8-12 April 2013. Pihaknya berharap penetapan tersebut bisa dilakukan pada 10 April 2013.

 

SURYA Unggul di Serhil

Sementara penghitungan suara di tingkat kecamatan mulai dilakukan. Keunggulan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1, Sudarsono-Yulhaidir (SURYA) mulai terlihat. Seperti di Kecamatan Seruyan Hilir (Serhil), pasangan yang maju melalui jalur independen ini berhasil mengalahkan pasangan yang diusung koalisi partai politik yakni H Ahmad Ruswandi-H Sutrisno (HARUS).

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Serhil telah melakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat di tingkat kecamatan, Minggu (7/4). Hasilnya, perolehan suara pasangan SURYA di kawasan kota itu mampu melampaui perolehan suara pasangan HARUS.

Berdasarkan data yang diperoleh di PPK Serhil, dari delapan desa dan dua kelurahan yang ada di Serhil, pasangan SURYA meraih suara sebanyak 8.779 suara, sedangkan pasangan HARUS meraih suara 7.835. “Data ini sudah valid dan sudah diplenokan dengan saksi kedua pasang calon,“ ujar Ketua PPK Kecamatan Serhil, M. Tajudinnur usai menggelar pleno terbuka di kantor Kecamatan Serhil, kemarin (7/04) kemarin.

Dijelaskannya, dari delapan desa dan dua kelurahan tersebut, terdapat sebanyak 84 tempat pemungutan suara (TPS). Daftar pemilih tetap (DPT) di Kecamatan Serhil berjumalah 25.811 yang terdiri dari 13.743 orang laki-laki, sedangkan untuk perempuan berjumlah 12.068 jiwa.

Jumlah surat suara yang terpakai sebanyak 17.025 lembar dengan sebanyak 411 surat suara yang tidak sah. Saat ini sudah disetujui oleh kedua saksi dan juga disaksikan aparat dan jajaran yang terlibat dalam pemilukada, pihaknya langsung mendistribusikan logistik pemilukada langsung ke KPU.

“Kami berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang juga ikut berpartisifasi untuk mensukseskan jalannya pemilukada di Kecamatan Serhil dan semoga menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Seruyan,“ ujarnya.

Kemarin, PPK di kecamatan lainnya juga melakukan penghitungan suara. Dalam beberapa hari ini seluruh hasil penghitungan suara di kecamatan diperkirakan sudah terkumpul sehingga bisa dilakukan penghitungan dan rapat pleno oleh KPU setempat. (hen)

 

Perolehan Suara Di Kecamatan Seruyan Hilir

Kelurahan Kuala Pembuang I, SURYA = 2.344 suara HARUS= 2.148 suara

Kelurahan Kuala pembuang II, SURYA= 2.569 suara HARUS= 2.558 suara

Desa Sungai Undang SURYA= 413 suara HARUS= 957 suara

Desa Persil Raya SURYA= 588 suara HARUS=557 suara

Desa Pematang Limau SURYA= 936 suara HARUS- 567 suara

Desa Tanjung Rangas SURYA= 872 suara HARUS= 364 suara

Desa Muara Dua SURYA= 120 suara HARUS= 147 suara

Desa Jahitan SURYA= 293 suara HARUS= 157 suara

Desa Baung SURYA= 632 suara HARUS= 352 suara

Desa Sungai Perlu SURYA= 12 suara HARUS= 28 suara

 

 





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)